Widget HTML #1

Bansos PKH Tahap 1 Tahun 2023 Cair Lewat Kantor Pos Atau ATM? Ini Penjelasan Mensos

Pkh 2023 Kapan Cair, pkh 2023 cair lewat apa, cek bansos pkh 2023


PKH 2023 cair lewat apa

Pencairan Bansos PKH Tahap 1 Periode Januari hingga Maret tahun 2023 segera disalurkan, apakah lewat Kantor Pos atau ATM?.  

Informasi terkait penyaluran Bansos PKH tahap 1 tahun 2023 dapat diakses melalui aplikasi SIKS-NG yang ada di Dinas Sosial Kabupaten. 

Kemensos telah menyiapkan anggaran untuk penyaluran Bansos PKH tahap 1 periode Januari hingga Maret 2023. 

Saat ini para KPM tinggal menunggu kapan penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan ini.  

Lalu, bagaimana dengan mekanisme penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan, apakah melalui Kantor Pos atau bank Himbara yaitu menggunakan ATM KKS Merah putih?. 

Menteri Sosial, Tri Rismaharini memberikan penjelasan terkait penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan Tahap 1 ini. 

Meski dalam rapat bersama DPR RI, Kemensos telah siap untuk penyaluran melalui PT Pos Indonesia. 

Namun jika melihat data pada aplikasi SIKS-NG di Dinas Sosial Kabupaten memuat keterangan nama KPM penerima bantuan Program Keluarga Harapan triwulan 1 tahun 2023

Kemudian di data akhirnya ada keterangan penyaluran lewat bank himbara dalam hal ini adalah Bank Mandiri dengan menggunakan KKS Merah Putih.

Terkait hal tersebut, Kemensos menginformasikan, penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan akan tetap melalui Pos Indonesia (Kantor Pos) untuk daerah khusus, seperti daerah 3T atau daerah yang tidak terjangkau ATM. 

Mensos Tri Rismaharini juga mengungkapkan jika Kemensos tidak memiliki anggaran jika penyaluran sepenuhnya melalui PT Pos Indonesia. 

“Yang jelas kami juga nggak ada anggaran (penyaluran melalui Pos Indonesia).  Untuk sekarang ini untuk PT Pos karena itu kemarin kita hanya yang anggarannya itu (domisili KPM) yang di atas gunung kemudian yang orang sakit kemudian yang daerah terpencil,”ungkap Tri Rismaharini belum lama ini. 

Contohnya di Aceh, ada Aceh Jaya ya itu dia harus menggunakan perahu kalau ke sana kalau ngambil ke ATM atau bank itu dia harus pakai perahu yang ongkosnya jauh lebih besar dibandingkan bansos itu,”sambung Mensos Tri Rismaharini. 

Mensos Tri juga menyebut beberapa kriteria daerah yang penyaluran bantuannya melalui PT Pos Indonesia. 

Di luar dari kriteria tersebut, maka penyaluran akan tetap melalui Bank Himbara. 

“Nah itu sekarang kita gunakan PT Pos kalau yang seperti itu. Kemudian daerah daerah terpencil di dalam hutan di atas gunung dan daerah perbatasan itu baru lewat Pos itu ada anggarannya. Kalau  daerah lainnya kita nggak ada anggaran,”jelasnya.  

Untuk itu, KPM diminta untuk menggu surat resmi dari Kemensos terkait penyaluran Bansos PKH tahap 1 periode Januari hingga Maret 2023. 

Keterangan pada aplikasi SIKS-NG belum menjadi keputusan final, sehingga diharapkan agar para KPM menunggu surat resmi dari Kemensos. 

Bansos PKH akan kembali disalurkan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar dalam DTKS Kemensos. 

Nominal bantuan PKH terbaru

Adapun nominal bantuan PKH yang diterima masing-masing kategori yaitu: 

  1. Ibu hamil mendapatkan Rp3.000.000 per tahun
  2. Balita mendapatkan Rp3.000.000 per tahun
  3. Bantuan Pendidikan SD Rp900.000 per tahun
  4. Bantuan Pendidikan SMP Rp1.500.000 per tahun
  5. Bantuan Pendidikan SMA Rp2.000.000 per tahun 
  6. Disabilitas berat Rp 2.400.000 per tahun 
  7. Lansia  mendapatkan Rp2.400.000 per tahun.*