Pendaftaran CPNS 2020 dibuka September, BKN prioritaskan formasi untuk guru, kesehatan, dan penyuluh

Menpan RB Tjahjo Kumolo mengenai formasi cpns 2020


Pendaftaran CPNS 2020 untuk formasi guru, kesehatan dan penyuluh. Pemerintah menjadwalkan tes Seleksi Komptensi Dasar (SKD) berlangsung sampai awal Maret 2020. Setelah tes SKD CPNS 2019 akan diadakan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) setelah pengumuman hasil tes SKD di pertengahan Maret 2020.

"Kami berharap seluruh SKD ini bisa bersaing di awal Maret. Di pusat akhir Februari. Kami berharap nanti akhir Juni peserta yang telah ditetapkan lulus seleksi CPNS sudah dapat pertimbangan teknis," kata Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, mengutip dari Kompas.com.

Meski jadwal seleksi CPNS 2019 belum selesai, ada pengumuman baru bagi pelamar CPNS 2019 yang gagal seleksi bisa mengikuti CPNS 2020.

Kabar tersebut dikonfirmasi pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas BKN Paryono. Paryono mengatakan pembukaan CPNS 2020 kemungkinan digelar dalam beberapa waktu depan, setelah selesai tes CPNS 2019.

"Bulan September tahun ini (mungkin akan dibuka untuk CPNS 2020 )," kata Paryono.

Namun kabar tersebut masih dikaji secara mendalam. Selain itu pengumuman formasi dan instansi mana saja yang membuka CPNS 2020 masih belum diketahui cara pasti.

"Belum ada Permenpan-RB yang mengatur mengenai jumlah formasi dan rincian formasi yang akan diterima," ucap Paryono.

Kabar CPNS 2020 juga diungkapkan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Andi Rahadian.

Saat ini Kemenpan-Rb masih fokus menyelesaikan seleksi CPNS 2019.

"Mungkin saja September 2020, tapi masih perlu pembahasan lanjutan," kata Andi menjelaskan.

CPNS 2020 untuk mengisi formasi kosong


Penerimaan CPNS tahun 2020 prinsipnya untuk mengisi PNS atau ASN yang sudah pensiun. Selain itu kebutuhan ASN juga disesuaikan dengan kebutuhan dari kementerian-kementerian dan lembaga di Pusat dan daerah.

Kemungkinan besar formasi rekrutmen CPNS 2020 diisi instansi yang tidak membuka seleksi CPNS 2019.

"Ya memang pada saat mereka (instansi) mengajukan penundaan untuk pembukaan CPNS 2019 kan kita memberikan surat persetujuan dan kita memang mendorong supaya untuk dibuka tahun ini. Contohnya adalah Kemenpar dan Ekonomi Kreatif," kata Andi, mengutip dari Bangka Pos.

Menurutnya, Kemenpar dan Ekonomi Kreatif menunda pelaksanaan CPNS 2019 karena adanya struktur baru yang masuk ke kementerian tersebut.

Pihaknya juga meminta semua instansi kementrian dan lembaga serta pemerintah provinsi, kabupaten atau kota menyampaikan kembali kebutuhan formasi.

"Di daerah-daerah kan ada beberapa yang menyatakan tidak membuka seleksi penerimaan CPNS untuk tahun ini. Nah, untuk yang tidak membuka penerimaan CPNS pada tahun ini, kita minta untuk disampaikan kebutuhan formasinya untuk CPNS tahun 2020 sebagai bahan pertimbangan kita untuk menetapkan formasinya," terangnya.

Menpan RB sebut formasi CPNS 2020 yang mungkin dibuka


Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) mengungkapkan kemungkinan pembukaan seleksi CPNS pada 2020. Seleksi dibuka jika masih ada instansi atau pemerintah daerah yang membutuhkan ASN.

"Kalau ada yang kebutuhannya masih banyak, maka tahun depan akan kami buka lagi. Tapi kalau yang ini (seleksi CPNS 2019) sudah selesai," ujar Tjahjo di Bidakara, Jakarta, Selasa (10/12/2019) seperti dilansir CNN Indonesia.


Tjahjo mengungkapkan masih ada formasi kosong di daerah karena banyak peserta yang tidak lolos seleksi. Pendaftaran CPNS 2018 menggunakan ambang batas atau passing grade tinggi sehingga banyak peserta yang tidak lolos seleksi.

"Tahun kemarin banyak daerah yang tidak lulus semua. Ada juga mungkin yang kenapa minatnya kecil? Kan sekarang banyak yang diminta jurusan IT," katanya.

Tjahjo mengungkapkan CPNS 2020 diprioritaskan untuk tenaga guru, kesehatan, dan tenaga penyuluh. (Tribunjogja.com)