10 Youtuber Terkaya di Dunia dan Youtuber Terkaya di Indonesia

Ada alasan mengapa banyak anak ingin berkarir sebagai YouTuber. Salah satunya mungkin dapat berpenghasilan tinggi tanpa harus bekerja di kantor. Dan inilah 10 Youtuber Terkaya di Dunia dan di Indonesia
10 Youtuber Terkaya di Dunia dan Youtuber Terkaya di Indonesia

1. PewDiePie

YouTuber asal Swedia, Felix Arvid Ulf Kjellberg menjadi contoh hal tersebut. Felix atau biasa dikenal dengan nama PewDiePie, berhasil menempati urutan pertama dalam daftar 10 YouTuber berpenghasilan tinggi.



Menurut data dari Purple Moon Promo, Felix dikabarkan menerima £ 6,5 juta atau setara dengan Rp 102 miliar setiap bulan. Artinya setiap tahun Felix mendapat £ 78,9 juta atau lebih dari Rp 1,350 triliun.

"Selama bertahun-tahun, popularitas YouTuber telah meningkat secara eksponensial, beberapa dari mereka bahkan dapat dianggap sebagai selebriti. Pilihan karir modern ini tidak hanya membuat mereka terkenal, tetapi bagi banyak dari mereka juga telah menempatkan uang tunai di bank," ujar seorang juru bicara dari Purple Moon Promo, dilansir dari The Sun, Selasa (20/8/2019).

2. Dude Perfect



Selain Felix, urutan kedua ditempati oleh YouTuber asal Amerika Dude Perfect dengan penghasilan £ 2,8 juta

3. Vanoss Gaming



VanossGaming dari Kanada dengan £ 2,2 juta, DanTDM dengan £ 2,1 juta, JuegaGerman dengan £ 1,8 juta, Markiplier £ 1,7 juta, Collins Key £ 1,7 juta, Atta Halilintar dari Indonesia dengan £ 1,372 juta, Jacksepticeye £ 1,360 juta, dan Smosh dengan £ 1,319 juta. Semua penghasilan ini mereka dapat per bulannya.

Namun jumlah tersebut tidak hanya didapat dari AdSense YouTube. Kebanyakan dari mereka juga mendapatkan uang dari hasil menjual merchandise seperti kaos, topi, dan barang dagangan bermerek lainnya.

Berdasarkan data laporan menggunakan alat 'YouTube Money Calculator' yang dibuat oleh Sellfy, memperkirakan pendapatan iklan seseorang per bulan dengan pembayaran iklan rata-rata YouTube antara 20p dan £ 3,29 per 1.000 tampilan.


Maka tidak heran YouTuber asal Swedia yang kontroversial itu bisa mendapatkan £ 935.263 dari iklan yang ditampilkan di video YouTube-nya. Per jamnya, ia bisa mendapatkan £ 2.600, atau sekitar £ 22,2 juta. Jumlah ini membuat total pendapatannya diperkirakan £ 6,5 juta per bulan, atau £ 78,9 juta per tahun alias lebih dari tiga kali lipat orang lain dalam daftar tersebut.

Saluran YouTube PewDiePie sendiri telah menerima lebih dari 13 miliar tayangan video dan ia dinobatkan sebagai "100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia" oleh majalah Time. Felix lahir pada 24 Oktober 1989 di Gothenburg, Swedia, dan lulus dari universitas dengan gelar di bidang Ekonomi Industri dan Manajemen Teknologi.

Pada 2013, ia memiliki saluran YouTube yang paling banyak disubscribe. Saluran tersebut sebagian besar difokuskan di sekitar video game dan meme. Felix saat ini tinggal di Brighton bersama pacar yang juga seorang vlogger mode dan kecantikan asal Italia, Marzia Bisognin dengan dua anjing pesek mereka, Maya dan Edgar.

Penghasilan Atta Halilintar, Youtuber terkaya di Indonesia



Berdasarkan data Purple Moon Promotional Product, YouTuber Atta Halilintar menduduki posisi nomor delapan dalam daftar 10 YouTuber terkaya di dunia.

Purple Moon menyebutkan bahwa estimasi penghasilannya per bulan adalah 1,3 juta poundsterling atau Rp 22,4 miliar.

Jika dikalikan 12 bulan, maka Atta diperkirakan memiliki penghasilan Rp 269 miliar per tahun. Artinya, dalam sehari Atta memiliki rata-rata penghasilan lebih dari Rp 700 juta atau tepatnya Rp 749 juta.

Adapun Atta merupakan YouTuber nomor satu di Indonesia dengan jumlah subscriber mencapai 18,5 juta.

Selain itu, ia juga meraup jutaan views dari video-videonya dan banyak pula pendapatan dari iklan.

Video-video unggahan Atta ini tak jarang masuk dalam daftar trending YouTube Indonesia.

Saat ini, keseluruhan video dalam kanal YouTube-nya sudah berjumlah 580 dengan total 1,6 miliar views.
penghasilan Atta Halilintar Youtuber Terkaya di Indonesia

Purple Moon menghitung penghasilan para YouTuber menggunakan perangkat lunak yang disebut Sellfy, dijuluki 'kalkulator uang YouTube'.

Aplikasi itu memperkirakan pendapatan iklan seseorang berdasarkan jumlah views mereka per bulan bersama pembayaran rata-rata iklan YouTube, yang mana antara 20p dan 3,29 poundsterling atau Rp 56.927 per 1.000 views.

Pria kelahiran Dumai pada 20 November 1994 ini merupakan putra dari pasangan Halilintar Anofial Asmid dan Lenggogeni Faruk yang terkenal karena bisnis dan 11 anaknya.

Atta ternyata mewarisi jiwa bisnis kedua orang tuanya. Selain sebagai konten kreator, ia juga menjajal dunia akting dan musik serta memiliki toko daring atau online resminya sendiri.