Arti istilah Netizen dan Asal Usulnya

Bagi kalian yang sudah sering main di internet baik itu google ataupun media sosial berupa facebook, twitter, instagram, youtube dan lain sebagainya pastinya sudah sering mendengar kata “Netizen”. Nah, Pertanyaannya Netizen artinya apa sih? Apa kalian tau pengertian kata Netizen sebenarnya?

netizen artinya adalah

Baiklah, dalam postingan kali ini saya akan membahas sedikit tentang asal usul kata netizen  atau pengguna internet di Indonesia menyebutnya dengan Netijen.

Netizen Artinya ?


Netizen sebenarnya merupakan gabungan dari dua kata yaitu Internet dan Citizen. Citizen artinya adalah warga sehingga dapat disimpulkan bahwa istilah Netizen mengandung arti  “warga internet” atau orang-orang yang aktif menggunakan internet.

Dalam istilah netizen ini juga tersirat minat dan juga keterlibatan yang aktif dalam memperbagus lingkungan Internet  serta menjadikan internet sebagai sumber hubungan sosial dan juga hubungan intelektual, khususnya dalam hal akses terbuka, kebebasan berpendapat dan netralitas internet.

Istilah Netizen dicetuskan dan ditenarkan oleh seorang Pionir dan Pelopor Internet bernama Michael F. Hauben dan mulai banyak dipakai sekitar pertengahan 1990an. Saat itu, kata netizen adalah cara untuk menyebut orang orang yang mendiami geografi baru dari internet. Selain itu, Netizen juga biasa disebut sebagai cybercitizen, kurang lebih memiliki arti yang sama.

michael f. hauben yang menciptakan istilah Netizen

Menurut Hauben dalama salah satu tulisannya, yaitu The Net and Netizens: The Impact the Net Has on People’s Lives, menyebutkan:

“Selamat datang di abad ke-21. Anda adalah Netizen (seorang penduduk Net) dan anda hadir sebagai warga di dunia ini, semua karena konektifitas global yang bisa diwujudkan oleh Net. Anda memandang semua orang sebagai warga senegara anda. Secara fisik mungkin anda sedang hidup di satu negara, tapi anda sedang berhubungan dengan sebagian besar dunia melalui jaringan komputer global. Secara virtual, anda hidup bersebelahan dengan setiap Netizen di seluruh dunia. Perpisahan secara geografis sekarang diganti dengan keberadaan di dunia virtual yang sama.”

Nah, itulah pengertian Netizen atau Netijen yang dapat saya ulas secara singkat dalam postingan kali ini, semoga dapat menambah wawasan kalian yang sudah mampir di blog ini. Terimakasih!