Terbukti, Peneliti Mulai Mengakui Bahwa Kekuatan Doa Bisa Mempercepat Kesembuhan

Kekuatan Doa - Do'a dapat mempercepat kesembuhan. Inilah hasil sejumlah penelitian yang dilakukan beberapa tahun terakhir.

kekuatan doa

Seperti yang ditulis majalah Newsweek dalam kolom berjudul God and Health: Is Religion Good Medicine? Why Science Is Starting to Belive (Tuhan dan Kesehatan: Apakah Agama Adalah Obat Yang Baik? Mengapa Ilmuwa Pengetahuan Mulai Percaya).


Majalah terkenal ini melaporkan bahwa keimanan kepada Tuhan meningkatkan harapan pasien dan membantu pemulihan mereka dengan mudah.

Ilmu pengetahuan pun mulai meyakini bahwa pasien yang memiliki keimanan agama akan pulih lebih cepat dan lebih mudah.

Menurut data Newsweek, 72% masyarakat Amerika mengatakan percaya bahwa berdo'a dapat menyembuhkan seseorang.

Penelitian di Inggris dan Amerika Serikat juga telah menyimpulkan bahwa do'a dapat mengurangi gejala-gejala penyakit pada pasien dan mempercepat proses penyembuhannya.

Penelitian yang dilakukan di Universitas Michigan juga menunjukkan hasil serupa. Menurutnya, orang-orang yang taat beragama mengalami tingkat depresi dan stres yang rendah.

Dan, menurut penemuan di Universitas Rush di Chicago, tingkat kematian dini di kalangan orang-orang yang beribadah dan berdo'a secara teratur adalah sekitar 25% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak memiliki keyakinan agama.

Penelitian lain yang dilakukan terhadap 750 orang, yang menjalani pemeriksaan angiocardiography (jantung dan pembuluh darah), membuktikan secara ilmiah "kekuatan penyembuhan dari doa." Hasil penelitian ini menyebutkan, tingkat kematian di kalangan pasien penyakit jantung yang berdo'a menurun 30% dalam satu tahun pasca operasi yang mereka jalani.

Beragam hasil penelitian ilmiah ini setidaknya menegaskan bahwa sejumlah manfaat do'a, sebagaimana yang disebut di dalam ayat-ayat al-Qur'an, kini diakui kebenarannya secara ilmiah.

Sumber: akuislam.id