Banyak Orang Tidak Sadar Punya Kolesterol Tinggi, Ini Ciri-Ciri dan Akibatnya!

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.
ciri ciri kolesterol tinggi
Kaki dan tangan gampang sakit karena kolesterol tinggi
Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid.

Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.

Penyebab Kolesterol

Akibat gaya hidup yang buruk, kadar kolesterol seseorang bisa sangat tinggi tanpa ia sadari. Dilansir dari alodokter.com (12/05/17), pemicu kolesterol tinggi diantaranya :

Merokok – tak hanya menurunkan tingkat kolesterol baik (HDL), kebiasaan merokok juga bisa merusak pembuluh darah sehingga terjadi timbunan lemak

Diabetes – kadar gula tinggi pada penderita diabetes dapat merusak pembuluh nadi (arteri) sehingga meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kolesterol baik (HDL)

Kurang olahraga – kurang gerak atau kurang olahraga menyebabkan timbunan lemak yang berpengaruh terhadap meningkatnya kolesterol jahat

Lalu berapakah kadar kolesterol yang dianggap tinggi? Melansir hellosehat.com (15/08/17), kolesterol termasuk tinggi jika kadar kolesterol total diatas 240 mg/dL dan kadar LDL diatas 160 mg/dL.

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi

Untuk mengetahui bahwa dalam tubuh sudah kena kolesterol tinggi, kamu bisa amati ciri-ciri sebagai berikut.

1. Dada terasa nyeri

dada nyeri akibat kolesterol tinggi
Dada nyeri akibat kolesterol tinggi
Jangan abaikan nyeri pada dada. Kolesterol yang menumpuk dalam tubuh bisa mengganggu pembuluh arteri yang bertugas menyuplai darah menuju jantung.

Aliran darah yang tidak lancar menuju jantung ini selanjutnya dapat menimbulkan gejala nyeri dada. Jika hal ini terus berlanjut, jantung dapat rusak dan timbul serangan jantung yang berakibat fatal.

2. Kaki dan tangan jadi gampang sakit

Terganggunya aliran darah akibat kolesterol tinggi tak hanya mempengaruhi suplai darah ke jantung tapi juga ke seluruh tubuh termasuk tangan dan kaki. Kolesterol tinggi menyebabkan kaki dan tangan sering mengalami sakit. Bisa nyeri, ngilu, atau tidak nyaman ketika harus mengangkat beban.

3. Sulit bernapas

Gangguan pembuluh darah pada jantung serta paru-paru membuat suplai oksigen yang dibawa melalui darah tidak lancar. Akibatnya penderita kolesterol tinggi jadi sering mengalami sesak napas.

4. Gampang capek

Orang yang mengalami kolesterol tinggi, peredaran darahnya tidak lancar. Akibatnya organ tubuh dipaksa bekerja keras untuk menjalankan fungsinya.

Itulah kenapa penderita kolesterol tinggi gampang sekali capek.

Nah kalau sudah muncul ciri-ciri diatas coba periksakan ke dokter untuk mengetahui kepastian kadar kolesterol.

Jika sudah tinggi, segera ubah pola hidup supaya kadar kolesterol bisa kembali normal.